RSS

Peniti dan peniti

Peniti identik dengan perempuan sebab memiliki fungsi sebagai pengait pada baju, kain atau jilbab.

Diciptakan oleh Walter Hunt seorang penemu asal Winchester, Amerika Serikat. Penemuan yang diciptakan sekitar tahun 1849, suatu ketika, Walter Hunt sedang memilin potongan kabel hingga terciptanya sebuah peniti. Pada waktu itu peniti digunakan sebagai alat bantu untuk menyematkan kain tanpa kancing. Bahkan, peniti ini biasanya dipakai untuk mengaitkan celana dengan atasan yang digunakan sebagai representasi pakaian pekerja muda saat itu.

Sebelum ditemukan oleh Walter Hunt, sebenarnya peniti telah dikenal sejak 14 abad sebelum masehi di Micenae. Peniti tradisional itu disebut fibulae yang fungsinya serupa dengan peniti yang kita pakai sekarang

Dalam perkembangannya peniti digunakan gaya hidup oleh komunitas punk. Komunitas ini menggunakan peniti sebagai salah satu style mereka.

Peniti mulai populer di sejak tahun 1970-an di Inggris dan semakin populer sejak foto Richard Hell yang menggunakan peniti dimuat di majalah komunitas punk. Kini desain peniti semakin berkembang dengan berbagai variasi jenis dan warna, bahkan ada peniti yang terbuat dari emas.

Ini peniti pertama *nampak berkarat ya :p


Dan orang-orang kreatif menjadikannya seperti ini


Berubah fungsi menjadi aksesoris cantik, kalung, gelang bahkan ikat pinggang! Suka deh :D

Sumber :
Sejarah peniti
Etsy


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Daisypath Friendship tickers